Kamis, 04 Januari 2018

Gak Nyangka, Ini Dia Manfaat Baking Soda untuk Tanaman dan Kebun Cantikmu

Manfaat baking soda (sodium bicarbonate) untuk membuat cake atau kue sih sudah banyak yang tahu pastinya. Tapi dalam dunia per"kebun"an manfaat baking soda untuk apa?
Sekilas info, baking soda / soda kue / soda api ini acapkali disebut sebagai bubuk ajaib. Mengapa demikian? Hal ini karena kegunaan nya di banyak bidang. Mulai dari urusan dapur, kebun hingga kecantikan.

Ternyata banyak lho manfaat atau kegunaan baking soda untuk tanaman dan kebun anda.
Mau tahu apa saja?
Simak ya,

1. Sebagai Pestisida
Dalam dunia berkebun pasti tak bisa jauh dari yang namanya hama tanaman. Sebut saja aphid, tungau dan masih banyak lainnya. Penggunaan pestisida kimia tentu memiliki dampak yang tidak baik untuk lingkungan.
Fungsi baking soda sebagai pestisida alami organik
Baking soda dapat dimanfaatkan sebagai pestisida alami yang cukup aman bagi lingkungan. Selain itu juga jauh lebih murah. Kalau disini harganya Rp 2.000 untuk 1 bungkus kecil 50gr. Bisa dipakai berkali-kali.

Cara membuat pestisida alami dengan baking soda cukup mudah :

- Campur 1 sendok teh baking soda dengan 75 ml minyak sayur hingga larut.
- Ambil 2 sendok teh dari campuran td dan tambahkan 250 ml air.
- Semprotkan merata pada tanaman yang terserang hama. 

Peringatan : sebelum mencoba pada seluruh bagian tanaman, sebaiknya semprot pada sedikit area dulu (beberapa daun). Karena ada tanaman yang sensitif. 

Amati dalam 1-2 hr, bila daun tanaman seperti terbakar berarti overdosis, kurangi dosis baking sodanya.

2. Sebagai Fungisida
Baking soda bermanfaat dalam mengatasi jamur pada tanaman. Misalnya jamur penyebab embun tepung (powdery mildew) pada tanaman mawar.

Cara membuatnya sama dengan ramuan pestisida yang sudah dijelaskan diatas.

3. Membasmi semut dan siput
Tabur baking soda pada daerah yang banyak semut dan siput, dijamin pada minggir. Kalau ketemu sarangnya, tabur saja baking soda diatasnya.

4. Memaniskan rasa buah 
Manfaat baking soda kue untuk memaniskan rasa buah tomat
Misalnya pada buah tomat yang memang rasa buahnya masam. Bila ingin rasa masamnya berkurang, taburkan baking soda tipis saja di sekitar media tanam tanaman tomat. Jangan terlalu dekat dengan batang ya. Baking soda berfungsi menurunkan tingkat keasaman.

5. Menguji tingkat keasaman  (pH) tanah secara sederhana
Mengetahui jenis tanah / media tanam termasuk asam atau basa sebenarnya cukup penting karena ada tanaman yang lebih cocok ditanam di tanah yang bersifat asam, dan sebaliknya.

Pada dasarnya baking soda itu sifatnya basa. Dan basa bila bertemu asam akan memicu reaksi misalnya muncul buih.

Untuk menguji asam atau basa tanah perlu disiapkan :

- Sample tanah yang mau diuji secukupnya saja ( bagi dalam 2 wadah / gelas kecil). 

- Ambil cuka dan siramkan pada wadah 1. Bila terbentuk buih, maka tanah bersifat basa. Cuka bersifat asam, jika bertemu basa akan timbul buih. Bila tidak terbentuk buih, lanjut ke tahap berikutnya.

- Tambahkan 1 sendok teh baking soda dan air secukupnya ke dalam sample tanah di wadah 2. Bila berbuih, artinya tanah bersifat asam.

6. Menghambat tumbuhnya rumput
Sebel banget kan kalau ada rumput liar yang mengganggu keindahan kebun. Terutama di pinggiran paving atau sela sela batu dan biasanya susaaahh sekali dibasmi.
Manfaat baking soda untuk membasmi rumput bandel secara alami
Nah.. Baking soda dapat membunuh rumput berukuran kecil dan mencegah tumbuhnya rumput baru. 

Tabur baking soda pada rumput yang ingin dibasmi. Lalu semprot tipis dengan air, rumput akan mengering dalam beberapa hari.

Kalau rumputnya dekat dengan tanaman kesayangan, sebaiknya jangan ditabur baking soda, nanti ikutan mati tanamannya :D. Kalau di pot, ya rumputnya dicabut manual saja atuh kak.

7. Sebagai Pupuk
Tanaman jadi lebih sehat dan daun lebih hijau. Campurkan 1 sendok teh baking soda, setengah sendok teh amonia, 1 sendok teh garam inggris (epsom salt). Tambahkan 4 liter air, kocok sampai larut sempurna. Siram pada sekeliling tanaman, 1 tanaman 1 liter.

Semoga bermanfaat :)

0 komentar: