Jumat, 05 Mei 2017

Pengalaman Membeli Rockwool Secara Online, Ada Harga Ada Kualitas

Posting kali ini saya sekedar sharing aja pengalaman membeli rockwool di salah satu e-commerce beberapa hari lalu. Terus terang ini pertama kalinya saya beli rockwool, karena tertarik mencoba berkebun dengan cara hidroponik. Saya putuskan membeli rockwool secara online karena tidak (belum) bisa menemukan toko peralatan hidroponik di daerah saya, maklum kurang update haha.

Saya membeli rockwool dengan ukuran yang hampir sama di dua toko yang berbeda. Kenapa saya beli keduanya? Karena penasaran aja kok selisih harganya lumayan. Tentunya selain beli rockwool saya beli barang lain juga, biar ga rugi ongkir.
- Toko A : Rockwool ukuran 28x14×5 cm (harga Rp 10.000)
- Toko B : Rockwool ukuran 23x14x7,5 cm (harga Rp 19.000).

Keduanya datang di hari yang sama. Begitu dibuka masing-masing kemasannya, saya agak terkejut karena perbedaan rockwool di Toko A dan B sangat jauh.

Ini rockwool dari Toko A dengan harga Rp 10.000 :
foto rockwool media tanam hidroponik
Rockwool toko A
Warna rockwoolnya kusam dan kotor sekali. Permukaan rockwool juga seperti berjamur. Padahal waktu saya lihat di foto produknya barangnya bagus, beda sekali dengan yang saya terima. Saya putuskan untuk tidak memakainya, takutnya gak steril. Bingung juga enaknya diapain, kalau dibuang sayang juga. Jadi sementara ini saya umpetin di lemari dulu :D

Ini rockwool dari Toko B dengan harga Rp 19.000 :
Gambar rockwool media tanam hidroponik yang bagus
Rockwool toko B

Gambar rockwool potongan
penampakan rockwool yang sudah dipotong-potong mirip tahu goreng ya?

Jauh lebih mahal sih, tapi rockwoolnya bagus. Warna kuning tidak kusam. Teksturnya rapi dan bersih. Pokoknya puas dari segi kualitas. Tentunya rockwool ini yang akan saya pakai untuk eksperimen hidroponik pertama saya.

Sepertinya dari harganya menunjukkan kualitas. Meskipun tidak semua barang yang harganya murah kualitasnya buruk ya, tapi paling tidak hal ini berlaku untuk pengalaman saya membeli rockwool kali ini. Lebih berhati-hati aja ke depannya, jangan mudah tergiur dengan harga murah.

0 komentar: