Senin, 26 Juni 2017

Bunga Sirsak Rontok Terus, Mungkin Butuh Penyerbukan Buatan

Ngomongin tentang sirsak langsung kebayang rasanya yang asem manis enak banget dibikin jus. Lebih nikmat lagi kalau buahnya petik langsung dari kebun. Hmmm, tapi... gimana mau petik langsung kalau bunga sirsak rontok terus?
Foto buah sirsak
Sedikit kegalauan saya pagi ini, pohon sirsak di kebun sudah cukup dewasa. Tingginya hampir dua meter, gak tau pasnya berapa hehe. Saya tanam langsung di tanah bukan pot. Si pohon sirsak inipun berusaha untuk berbakti, di awal bulan Maret lalu ia berbunga. Tapi sayang.. rontok. Belum rejeki sepertinya.

Karena baru pertama kali melihat bentuk bunga sirsak, agak aneh juga kelopak bunganya tebal dan seolah gak mau terbuka lebar. Bentuknya juga tak terlalu menarik serangga. Lha terus gimana caranya terjadi penyerbukan? Lebah saja ga bisa masuk.

Di bulan ini si "dia" berbunga lagi, harap-harap cemas aku menunggu. Tapi harus kutelan kekecewaan untuk kedua kali (lebay). Yap, to the point aja : rontok lagi.

Bingung saya, kenapa yah bunga sirsak ini rontok melulu? Apa karena belum saatnya berbuah? Kurang pupuk kah? Atau kurang kasih sayang?

Bentuk bunga sirsak seperti ini :

Gambar bentuk bunga sirsak
Bunga sirsak
Okelah sementara ini nikmati saja dulu bunganya dan juga daunnya (menghibur diri) :D. Sambil cari-cari info di internet tentang cara membuahkan sirsak, cara agar sirsak cepat berbuah, mencegah rontok bunga sirsak, dll.

Eng ing eng.. ternyata dalam satu bunga sirsak, putik (bunga betina) dan benang sari (bunga jantan) matangnya tidak bersamaan. Ini adalah salah satu penyebab bunga sirsak gagal menjadi buah.

Putik sebagai bunga sirsak betina matang terlebih dahulu, selang berapa hari putik ini kering barulah benang sari sebagai bunga sirsak jantan matang. Waduh, telat dong.. Benang sari yang matang akan menghasilkan serbuk sari yang teksturnya mirip tepung berwarna kekuningan.

Intinya : sebelum putik kering, harus ada serbuk sari dari bunga lain yang mengawini (bahasanya euy). Untuk memperbesar kemungkinan sirsak berbuah, sebaiknya dilakukan penyerbukan secara manual dibantu manusia. Kalau hanya mengandalkan serangga, biasanya semut, kemungkinan berbuahnya kecil.

Sebelum membahas cara melakukan penyerbukan buatan pada bunga sirsak, harus tahu terlebih dulu seperti apa bunga betina dan yang mana bunga jantan.

Lalu bagaimana cara membedakan bunga sirsak jantan dan betina?

Ciri bunga sirsak dalam fase betina :

Foto bunga sirsak betina putih matang siap dibuahi
Bunga betina (putik) pada sirsak

Bunga berwarna kekuningan. Mahkota bunga sudah terbuka agak lebar sehingga kalau direnggangkan bisa terlihat putiknya. Putik yang siap dikawini akan terasa sedikit lengket bila disentuh. Cairan lengket ini berfungsi sebagai perekat bila ada serbuk sari yang menempel. Saat putik kering, sudah tidak layak dibuahi. Dan bunga akan segera masuk fase jantan.

Ciri bunga sirsak dalam fase jantan :

Gambar bunga sirsak jantan dengan benang sari matang siap membuahi
Bunga sirsak jantan, benang sari matang berwarna cokelat

Saat mahkota bunga sirsak rontok, biasanya pagi hari sekali, maka selesailah fase betina dan dimulailah fase bunga jantan. Benang sari akan terlihat berwarna kecoklatan dan ada serbuk sari berwarna kuning di dalamnya. Terlambat sedikit, serbuk sari akan hilang terjatuh atau terbawa angin.

Perlu dipahami saat yang tepat kapan putik betul-betul siap dikawini dan benang sari betul-betul matang.

Pantas aja bunga sirsak di kebun rontok terus ga mau kawin hahaha. Ternyata butuh penghulu. Saya amati juga gak ada semut di pohonnya :D

Cara mengawinkan bunga sirsak?
Kalau ada yang bingung bagaimana cara melakukan penyerbukan buatan pada bunga sirsak berikut caranya :

Bahan :
- Kuas (bulu kuas warna hitam atau gelap lebih bagus)
- Wadah roll film bekas
- Bunga sirsak jantan dan betina. Ciri-cirinya sudah saya jelaskan diatas ya.

Penyerbukan pada buah sirsak dibantu manusia
Sumber foto : litbang.pertanian.go.id
Cara :
1. Ambil benang sari beserta serbuk sari dari bunga sirsak lalu masukkan dalam wadah bekas roll film yang sudah dicuci. Serbuk sari berwarna kuning (orange) seperti tepung inilah yang sebetulnya akan kita gunakan.

2. Masukkan kuas dalam wadah roll film, pastikan ada cukup banyak serbuk sari yang nenempel pada bulu kuas. Kalau bulu kuasnya warna hitam, serbuk sari yang menempel bisa terlihat lebih jelas.

3. Cari dan pilih bunga sirsak yang sedang dalam fase betina dan siap diserbuki. Buka perlahan sehingga terlihat putiknya.

4. Sapukan kuas tepat pada putik secara menyeluruh dengan gerakan melingkar. Perlu diingat agar tidak merusak kelopak putik. Rusaknya kelopak putik dapat menyebabkan gagalnya penyerbukan dan rontoknya bunga.

5. Selesai. Tinggal tunggu hasilnya dan berdoa semoga berhasil. Pernyerbukan buatan berhasil bila dalam satu bulan setelah penyerbukan bunga tidak rontok dan mulai terbentuk bakal buah.


Penyerbukan buatan pada bunga sirsak akan menghasilkan bentuk buah sirsak yang lebih baik ketimbang penyerbukan alami yang dibantu oleh serangga.

19 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih ilmunya min... Semoga berkah

Unknown mengatakan...

Terimakasih banyak informasinya... Pohon saya sudah hampir 2 tahun ga pernah jadi buahnya. rontok terus.... saya coba tip nya mudah mudahan berhasil...

Eriski Rahmat mengatakan...

Informasinya sangat jelas, saya jadi mengerti, trims. Semoga percobaan saya jadi sukses.

ZURIATUL KHAIRI mengatakan...

Terima kasih pengetahuan nya

Unknown mengatakan...

Bagus bngt info dan ilmu nya. Thanks buat TS

Unknown mengatakan...

Saya sedang mencoba tips tersebut.
Mudah mudahan berhasil.

Unknown mengatakan...

Apakah kalau berhasil bunga tetep akan rontok min?

Anonim mengatakan...

berarti bunganya harus lebih dari satu ya, kalau baru satu tidak bisa karena sudah memasuki fase jantan, begitukah?

n/a mengatakan...

Hatur nuhun infona... Jentre.
Bade dicobi... insyaallah.

admin mengatakan...

Postingan bagus. Tks

Ratna mengatakan...

Terima kasih. Informasi yang disampaikan dengan sangat komunikatif. Saya dua hari ini sudah mempraktekan. Karena tidak ada kuas, sayq menggunakan cotton bud. Hehe. Semoga satu bulan lagi hasil perkawinannya sudah berbuah.

Unknown mengatakan...

Mau tanya, jadi 1 bunga sirsak itu pertama nya bunga betina ( putik ) dan setelah itu menjadi bunga jantan ( serbuk sari ) ...? Jadi kalo penyerbukan buatan tidak bisa modal 1 bunga saja tetapi 2 / 3 bunga...?

Unknown mengatakan...

Makasih ilmunya min akan ku coba semoga berhasil amin ya Alloh

Anonim mengatakan...

Terimah kasih sekarang saya sudah paham semoga sirsak saya bisa berbuah bgm kalau srikaya apa harus dikawinkan juga

Zulkifli.Lps mengatakan...

Trmksh bnyak.. ini jawaban yang sangat saya perlu.. salam sukses dan sehat selalu

Anonim mengatakan...

Terima kasih banyak atas informasinya, sangat membantu

Anonim mengatakan...

Tks... baru tahu aku ..

Mega Lestary mengatakan...

Waah terimakasih ilmunya. Pohon sirsak drumah jg lg banyak putiknya dan serbuk sari. Udh setahun gugur terus. Nanti mau saya coba praktekkan ilmunyaa 🙂 Bismillah, semoga berhasil yaa!

REVA JULIO JUWANA mengatakan...

Terima kasih sobat