Selasa, 04 Juli 2017

Cabe Hias Varigata Purple Tiger, Makin Tua Makin Belang

Sewaktu teman Facebook memamerkan foto salah satu pohon cabe hias miliknya, saya cukup takjub. Pasalnya ada sesuatu yang tidak biasa, daun cabe hiasnya memiliki corak belang. Unik dan cantik menurut saya. Ternyata di dunia cabe juga mengenal istilah varigata (variegata). Lalu mulailah saya berburu benihnya. Hehehe.
Foto gambar cabe hias unik purple tiger ungu
Gambar cabe hias ungu Purple Tiger Varigata

Apa Arti Varigata Pada Tanaman? 

Varigata atau variegata sebetulnya adalah suatu kelainan pada sel tumbuhan dimana sel tersebut tidak mampu memproduksi klorofil dalam jumlah cukup. 

Bagian sel yang memiliki klorofil akan berwarna hijau, sedangkan yang tidak berklorofil akan memiliki warna selain hijau, bisa putih atau kuning bahkan ungu. Sehingga akan menimbulkan kesan belang-belang. Pada umumnya varigata terjadi pada daun. Namun bisa juga pada batang atau buah.

Begitulah kira-kira yang dimaksud dengan varigata.

Ada beberapa jenis cabe (cabai) hias yang daunnya varigata atau belang-belang, tiga diantaranya yang pernah saya tanam sampai saat ini :
- Fish Pepper
- Black Namaqualand
- Purple Tiger

Gambar foto buah cabai unik ungu purple tiger
gambar buah cabe hias Purple Tiger

Kali ini saya mau membahas yang terakhir, yaitu Purple Tiger, si Macan Ungu. Kenapa saya bahas jenis ini? Lagi pengen aja haha dan kebetulan si Purple Tiger ini sedang lebat-lebatnya berbuah. Untuk Fish Pepper dan Black Namaqualand saya bahas di lain waktu. Itupun kalau gak lupa, maklum emak-emak kadang mendadak pikun.

Saat tanaman Purple Tiger masih kecil, corak varigatanya belum terlihat. Setelah daun mencapai sekitar 8-10 helai barulah terlihat hidung belangnya :D. Itupun baru sedikit saja saja.
Cabai unik yang daunnya variegata belang belang
Cabe Ungu Purple Tiger Varigata / Variegata

Makin tua corak varigata di daunnya makin banyak, kombinasi warna hijau, putih dan ungu terang. Menurut saya, cabe ini termasuk cukup pedas. Setara rawit lah kira-kira. 

Saat muda buahnya berwarna ungu gelap terkadang hijau, saat matang berwarna merah dengan ukuran yang tak terlalu besar. Kira-kira cuma seukuran kuku jempol tangan saja.

Oh ya, pohon cabe ungu Purple Tiger ini tidak terlalu tinggi tapi juga ga mini-mini amat. Suka tanam cabe yang pohonnya pendek? bisa coba tanam jenis ini. Kalau mau yang pohonnya mini dan imut, coba tanam jenis Sparkler, Garda Firework atau Numex. Tapi daunnya tidak varigata ya..

Foto buah cabe hias unik purple tiger varigata ungu
Bentuk buah cabe unik Purple Tiger

Satu lagi keunikan Purple Tiger, bukan hanya daun tapi buahnya juga varigata (belang-belang). Kadang membentuk pola garis, kadang seperti titik atau bulatan, kadang juga ga jelas :D. Pokoknya unik dan eksotik deh. Seperti cabe ungu pada umumnya, bunganya juga berwarna ungu.

Purple Tiger ini termasuk gampang perawatannya. Hanya diberi pupuk NPK sesekali sudah cukup. Kadang juga saya beri nutrisi AB Mix khusus cabe. Mudah berbuah (genjah) dan banyak buahnya, yang penting fullsun. Saya suka.. saya suka...

0 komentar: