Sabtu, 08 April 2017

Menanam Putsa Alias Apel India itu Gampang

Buah apel memang cocoknya ditanam di dataran tinggi, misalnya kota Malang Jawa Timur yang berhawa sejuk. Buat yang di dataran rendah tak perlu berkecil hati, ada lho apel yang cocok ditanam di dataran rendah yang panas.

Putsa ( Phutsa ) atau Indian Jujube, biasa disebut juga Apel India ini bisa menjadi pelipur lara bagi kalian yang ingin menanam apel di dataran rendah. Seperti saya yang tinggal di daerah panas inipun akhirnya kepincut untuk menanam putsa.

Putsa sebetulnya bukan merupakan jenis Apel, jauh sekali bahkan. Si Apel India ini justru masih satu kerabat dengan bidara. Tak heran pohon, daun dan buahnya sangat mirip bidara. Meski begitu, buah ini diklaim memiliki rasa yang mirip dengan apel. Manis dan renyah, begitu kira-kira yang saya baca dari artikel maupun dari penjelasan hobiis tanaman di Facebook. Jadi makin penasaran.
Foto tanaman apel india dataran rendah putsa
Pohon Putsa (Phutsa)

Begini penampakan pohon Putsa ( Apel India ) saya. Harganya cukup murah, waktu itu saya beli seharga Rp 35.000 di kios tanaman setempat. Saya tanam di pot ukuran diameter 40 cm dengan media tanah, pupuk kandang dan sekam bakar. Sekitar dua bulan kemudian Putsa mulai berbunga. Bunganya berukuran kecil dan bergerombol, muncul hampir di tiap ketiak daun. Sayang beberapa diantaranya rontok. Anggap saja baru belajar berbuah. 
Gambar buah putsa dan bunga putsa
Pohon Putsa ( Apel India ) mulai berbunga dan berbuah

Oh ya, ada duri-duri kecil di bagian batangnya. Jadi hati-hati kalau mau pegang. Soalnya beberapa kali tangan saya gak sengaja kena durinya. Batang Putsa cenderung panjang menjuntai tak beraturan, jadi harus rajin dipangkas supaya rapi.

Merawat Putsa sangat mudah. Pupuk yang saya pakai hanya NPK 16-16-16 saja dua kali dalam sebulan, ditabur di pinggiran pot sebanyak satu sendok makan. Hama yang paling menyebalkan : Belalang. Grrr tiap diusir besoknya balik lagi dan lagi, mau dipencet ga tega T-T. Dan satu lagi, kutu putih. Ampun deh, untungnya masih bisa diatasi.
Tambulampot buah apel india putsa
buah putsa ( apel india) mulai besar, daun pada berlubang dimakan belalang

Bunga yang bertahan akhirnya berhasil jadi buah, lumayan banyak juga haha. Sebaiknya buah putsa ini dilakukan penjarangan agar buah yang dihasilkan maksimal dan cukup besar. Tapi sayang banget rasanya kalau harus dibuang, sementara dibiarkan dulu aja.

Jadi buat yang sedang mencari tanaman buah yang cocok ditanam di dataran rendah atau daerah panas, mungkin Putsa boleh dicoba. Dijadikan tambulampot juga oke.

Gimana dengan rasanya? Tunggu posting saya selanjutnya ya kalau udah panen :)

4 komentar:

Durian Lover mengatakan...

mas saya beli biji tanaman Apel india lewat toped. tapi setelah tumbuh kok berduri ya mas? apa pohon putsa berduri???

thereds mengatakan...

Batang putsa memang berduri

Grest Eka mengatakan...

mas pohon apel putsa klo nanem dri biji brapa lama ke masa berbuah

Anonim mengatakan...

The Eight-Wheel Classic - TITIAN Arts
The eight-wheel 바카라 사이트 classic bicycle is 출장안마 available in six sizes. The Bicycle Wheel is a classic bicycle made worrione in USA, but ford escape titanium there wooricasinos.info are three variations in